Analisis sistem antrian dan penjadwalan tebang muat angkut tebu di pabrik gula sei semayang ptpn ii sumatera utara/ -- 2005
Queuing and Scheduling System Analysis of for Sugar Cane Harvesting and Transportation at Sei Semayang Sugar Estate
Master Theses from MBIPB / 2008-10-29 16:29:54
Oleh : damaris barus, MB-IPB
Dibuat : 2008-08-07, dengan 1 file
Keyword : Tebu, Pabrik Gula Sei Semayang, Manajemen Operasional, Manajemen Strategi, Antrian, Penjadwalan, Software Bestfit 4.5.4, AHP.
Subjek : MANAJEMEN STRATEGI
Nomor Panggil (DDC) : 10(29) Bar a
RINGKASAN EKSEKUTIF
DAMARIS BARUS, 2005. Analisis Sistem Antrian dan Penjadwalan Tebang Muat Angkut Tebu di Pabrik Gula Sei Semayang - PTPN II Sumatera Utara. Di bawah bimbingan Marimin dan Sri Hartoyo.
Gula merupakan salah satu kebutuhan pokok rakyat Indonesia. Produksi gula nasional mengalami penurunan, tahun 2003 hanya 1,64 ton. Tingkat konsumsi gula di Indonesia terus meningkat, tahun 2002 mencapai 3,63 juta ton. Untuk menutupi kebutuhan konsumsi tersebut, Indonesia harus mengimpor gula dalam jumlah besar. Menurut Tien (2003) banyak faktor yang mempengaruhi penurunan produksi gula, antara lain adalah turunnya produktivitas tebu dan rendemen gula. Menurut Supriyadi (2002) untuk meningkatkan rendemen tebu maka perlu diperhatikan masa tanaman yang optimal, pemakaian bibit yang bermutu, pengolahan tanah dan pemeliharaan yang optimal, pengairan yang sesuai, penggunaan zat pengatur tumbuh dan waktu penebangan yang optimal. Total waktu tunggu mulai tebang sampai giling tidak boleh melebihi 36 jam, bila penimbunan tebu lebih dari 36 jam maka tebu tidak segar lagi. Tujuan penelitian analisis sistem antrian tebang muat dan angkut tebu ini adalah identifikasi model antrian, analisis sistem antrian dan analisis sistem penjadwalan serta merekomendasikan strategi oprasional sistem antrian dan penjadwalan TMA tebu yang lebih tepat.
Penelitian dilaksanakan di Pabrik Gula Sei Semayang, PT Perkebunan Nusantara II-Medan, Propinsi Sumatera Utara. Penelitian di lapangan dilaksanakan pada tanggal 17 Januari sampai 19 Maret 2005. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah dengan pengamatan langsung ke lokasi penelitian, wawancara dengan petugas di lapangan dan kuisoner pada pakar antrian dan penjadwalan tebang muat angkut tebu.
Data yang digunakan untuk analisis sistem antrian dan penjadwalan tebang muat angkut tebu adalah data hasil pengamatan langsung. Untuk mengetahui kecukupan data yang diambil maka dilakukan uji kecukupan data. Teknik penentuan responden dalam strategi oprasional adalah secara sengaja, dimana responden yang dipilih adalah orang-orang pakar pada masalah tebang muat dan angkut, sebanyak tiga orang.
Pengolahan data antrian, terlebih dahulu dilakukan uji kesesuaian distribusi antar kedatangan dan pelayanan menggunakan metoda goodness of fit dengan bantuan sofware Bestfit 4.5.4. Setelah itu, dibangun simulasi antrian dengan Microsoft Visual Basic 6.0 dan Microsoft Acsses 2000. Pengolahan dan analisa penjadwalan TMA tebu dengan menggunakan model heuristik. Pengolahan data strategi oprasional sistem antrian dan penjadwalan menggunakan teknik AHP dengan bantuan software experts choice 2000.
Berdasarkan hasil uji kecukupan data menunjukkan bahwa jumlah seluruh data yang akan digunakan untuk analisa lebih lanjut telah cukup. Data-data tersebut dinyatakan valit, dengan tingkat kepercayaan 95%. Analisis pendahuluan yang dilakukan Devisi Risbang Distrik Tebu PTPN II bekerjasama dengan P3GI Medan menghasilkan faktor kemasakan tebu dari masing-masing kebun yang memasok bahan baku tebu ke PGSS. Berdasarkan data tersebut maka dapat disusun urutan prioritas penebangan tebu masing-masing kebun.
Kegiatan pasca panen tebu adalah mulai dari tebang, muat, angkut, timbang dan bongkar tebu. Sistem penebangan tebu di PTPN II masih menggunakan sistem manual dengan cara Cut And Go. Tenaga tebang yang dipekerjakan adalah masyarakat di sekitar Medan, pada umumnya dari daerah Langkat. Kendala dalam proses penebangan ini adalah kurangnya tenaga tebang. Bahkan tenaga tebang yang ada bukan tenaga profesional. Sistem perhitungan pretasi kerja tenaga tebang berdasarkan jumlah ikatan tebu yang dapat ditebang. Dalam satu ikatan ada 20 batang tebu. Kegiatan penebangan dimulai dari pukul 07:00 - 16:30 WIB, waktu kerja efektif proses penebangan 8 jam/hari. Prestasi kerja masing-masing tenaga tebang sebesar 2.212,22 kg/hari/orang. Total tebu yang dapat dihasilkan dari satu DP adalah sebanyak 154.838,71 kg tebu /hari.
Truk di PTPN II terdiri atas dua jenis berdasarkan kapasitas muatnya yaitu truk besar dan truk kecil. Kapasitas angkut jenis truk besar sebanyak 7-12 ton/trip, sedangkan kapasitas truk kecil sebesar 4-6 ton/trip. Proses muat tebu ke truk dilakukan dengan cara manual. Rata-rata waktu muat yang dibutuhkan untuk mengisi truk besar selama 106,3 menit/truk. Sedangkan untuk jenis truk kecil, membutuhkan waktu 102, 35 menit/truk. Truk dinyatakan berada di kawasan pabrik, jika truk telah memasuki Pos 1 untuk proses cek in. Setelah truk melalui Pos 1 maka truk tersebut memasuki halaman parkir luar dan menunggu sampai nomor antri proses bongkar dipanggil. Sebelum truk tersebut di bongkar, terlebih dahulu melalui proses timbangan masuk. Timbangan masuk adalah kegiatan penimbangan truk yang akan memasuki proses bongkar. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk proses timbangan masuk tersebut selama 0,974 menit/truk. Setelah selesai proses bongkar maka truk kembali ke timbangan, kegiatan ini selanjutnya disebut timbang keluar. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk proses timbangan keluar adalah selama 1,06 menit/truk.
Teknik bongkar tebu di PGSS ada tiga cara yakni Hillo, Tipper dan Jumping Truck. Teknik bongkar dengan Hillo dikhususkan untuk bongkar truk besar. Jumlah alat untuk bongkar Hillo ada dua unit. Pada pelaksanaannya, kedua Hillo ini tidak bisa melayani dalam waktu yang bersamaan. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk bongkar dengan Hillo selama 29,45 menit/truk. Teknik bongkar dengan Tipper, khusus digunakan untuk truk kecil. Jumlah alat bongkar Tipper di PGSS hanya satu unit. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk bongkar dengan Tipper selama 32,23 menit/truk. Teknik bongkar Hillo dan Tipper digunakan untuk membongkar tebu langsung ke cane carrier (stasiun gilingan). Sedangkan teknik bongkar dengan Jumping Truck digunakan untuk membongkar tebu yang akan dijadikan stok. Rata-rata waktu bongkar yang dibutuhkan dengan menggunkan Jumping Truck selama 9,14 menit/truk.
Hasil identifikasi antrian yang terjadi di PGSS pada proses TMA tebu mulai dari kebun sampai pabrik menunjukkan bahwa antrian hanya terjadi pada proses bongkar tebu di pabrik. Model antrian yang terjadi pada proses TMA tebu di PGSS adalah model satu tahap-banyak pelayanan, dimana kedatangan truk melalui Pos 1 akan dilayani dengan menggunakan delapan alat bongkar pada waktu yang bersamaan. Alat bongkar tersebut adalah satu unit Hillo, satu unit Tipper dan tiga unit Jumping Truck, masing-masing Jumping Truck melayani dua truk. Disiplin antrian truk tebu di PG Sei Semayang juga menerapkan FCFS.
Berdasarkan hasil uji Goodness Of Fit distribusi data, maka dapat diketahui bahwa distribusi antar kedatangan truk ke Pos 1 dan waktu pelayanan alat bongkar tidak mengikuti distribusi teoritis, oleh sebab itu analisa antrian harus dibangun simulasi antrian yang sesuai dengan kondisi di lapangan. Hasil dari simulasi antrian diperoleh jam antri alat bongkar terjadi pada pukul 07:00 19:59 WIB. Analisa antrian juga merekomendasikan untuk menambah satu unit Hillo dan mengurangi satu unit tiang Jumpping Truck. Batas toleransi kesibukan alat bongkar pada analisa ini adalah 70%.
Hasil penyusunan penjadwalan tebang harian dengan mengacu pada kuota masing-masing kebun, maka jumlah hari atau lama tebang dan giling di PGSS hanya membutuhkan waktu 104 hari dengan total tebang tebu sebanyak 352.651,42 ton. Tenaga tebang perlu direkrut sebanyak 61 orang, untuk kebun SS 6 orang, KL sebanyak 24 orang dan 38 orang untuk KP. Jumlah truk yang tersedia, telah memenuhi kebutuhan pengangkutan tebu dari kebun. Bahkan ada beberapa kebun yang kelebihan truk.
Penyusunan jadwal TMA tebu membedakan waktu angkut dari masing-masing kebun, jenis truk dan jenis alat bongkar. Berdasarkan hasil perhitungan, waktu maksimal TMA tebu di PG SS hanya 5,73 jam dan penurunan rendemen sebesar 1,101% yakni tebu yang diangkut dari kebun Klumpang DP I dan dibongkar dengan Hillo. Angka ini menunjukkan bahwa tebu-tebu yang dikirim ke PGSS masih dalam kondisi segar, karena waktu tunggu tebu untuk digiling < 36 jam.
Pada level faktor, yang menjadi prioritas utama adalah produksi tebu, dengan bobot 0,261. Pelaku atau aktor utama yang berperan dan bertanggung jawab terhadap kondisi ini adalah pihak tanaman, dimana nilainya yang tertinggi yakni sebesar 0,475. Tujuan utama dari pemilihan strategi ini adalah untuk memenuhi kapasitas giling pabrik, dimana menjadi bobot tertinggi (0,035). Prioritas utama alternatif strategi yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah ini adalah dengan cara mendatangkan tenaga tebang yang profesional, dengan bobot 0,425.
Untuk pengembangan penelitian ini, maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut yang memperhatikan kondisi tanaman dan alam dalam menyusun penjadwalan tebang muat angkut tebu serta perlu dilakukan penelitian analisa kelayakan ekonomi dalam pengadaan tenaga tebang profesional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar